Mengenal ATM, Pengertian dan Kegunaannya

Bagi Anda yang memiliki rekening di suatu bank tentu sudah sering mendengar tentang ATM. Untuk saat ini, ATM merupakan fasilitas yang sudah umum dan banyak orang pergunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah dan cepat. Walaupun sudah sering menggunakan, namun mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang pengertian ATM dan kegunaannya.

Di zaman modern saat ini, sudah banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan dalam hal transaksi keuangan. Anda tidak perlu lagi membawa uang cash ketika akan melakukan pembelian atau pembayaran suatu produk, atau Anda juga tidak perlu mengantri lama di bank ketika harus mengambil uang untuk kebutuhan sehari-hari. Transaksi tersebut dapat Anda lakukan dengan satu langkah melalui ATM.

Pengertian ATM dan Kegunaannya

atm

1. Pengertian ATM

Dalam versi bahasa Indonesia ATM ini adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Sedangkan dalam bahasa Inggris ATM ini diartikan sebagai Automatic Teller Machine. Alat ini banyak berada di area depan suatu bank atau di beberapa tempat umum seperti swalayan, toko-toko besar, beberapa ruas jalan, sekolah, kampus, objek wisata, dan beberapa tempat umum lainnya. Keberadaan mesin ini telah banyak membantu orang ketika akan melakukan transaksi keuangan.

a. Pengertian ATM Secara Umum

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM ini adalah suatu mesin atau alat eletronik yang memberikan layanan bank untuk para nasabahnya agar bisa mengambil uang atau melakukan transaksi keuangan lainnya seperti cek saldo, transfer, dan juga pembayaran lain dimana transaksi tersebut harus dilayani di meja teller suatu bank.
Ketika Anda pertama kali membuka rekening di bank, Anda akan diberikan kartu ATM atas nama Anda. Kartu ATM ini bisa Anda lakukan untuk melakukan beberapa transaksi tanpa harus datang ke bank dan mengantri. Pada kartu ATM Anda dilengkapi dengan nomor PIN atau Personal Identification Number yang fungsinya untuk mengamankan rekening Anda.

b. Pengertian ATM Menurut Ellen Florian

Ellen Florian mengemukakan tentang arti dari ATM adalah sebuah alat telekomunikasi yang berbasis komputerisasi yang digunakan sebagai media untuk menyediakan ruang bagi para nasabah bank dalam hal melakukan transaksi finansial tanpa harus menggunakan layanan dari teller bank yang bersangkutan.

2. Kegunaan ATM

Pada umumnya kartu ATM ini terbuat dari bahan plastik yang diterbitkan oleh lembaga keuangan bank. Masing-masing bank memiliki kebijakan tersendiri tentang batasan penarikan uang tunai yang dapat dilakukan oleh nasabah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan pada mesin ATM. Untuk kegunaan ATM yang lainnya antara lain:

ATM digunakan sebagai alat untuk melakukan cek saldo tabungan Anda tanpa harus datang ke bank. Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM dan pilihlah menu cek saldo, maka pada tampilan layar akan tertera berapa saldo yang Anda miliki saat ini.
Dapat digunakan untuk melakukan pembayaran umum. Beberapa transaksi pembayaran juga sudah bisa dilakukan dengan menggunakan ATM ini, contohnya adalah pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon pasca bayar, tagihan air, pembayaran uang kuliah, BPJS, dan berbagai pembayaran lainnya.

Anda bisa dengan mudah untuk melakukan isi ulang pulsa dan juga pembelian tiket. Kehabisan pulsa dan tidak menemukan penjual pulsa, tidak perlu khawatir Anda bisa melakukan isi ulang pulsa melalui ATM ini. Saat Anda akan membeli tiket juga bisa dengan mudah dilakukan melalui ATM, baik tiket kereta api atau pesawat.

Kegunaan yang lainnya adalah untuk melakukan open transfer. Saat Anda harus melakukan transfer ke orang lain dan bank sudah tutup, Anda bisa melakukan transfer melalui ATM baik kepada bank yang sama maupun transfer antar bank.

Bisa untuk merubah PIN. Penggunaan kartu ATM ini memang disarankan untuk merubah PIN secara berkala untuk melindungi keamanan rekening Anda dari beberapa kejahatan perbankan yang mulai marak. Anda bisa melakukan penggantian PIN langsung di mesin ATM tersebut.

Transaksi perbankan dapat anda lakukan selama 24 jam. Berbeda dengan layanan perbankan yang memiliki jam operasional. Untuk ATM ini Anda dapat melakukan semua aktivitas keuangan tersebut selama 24 jam. Mesin ATM ini juga banyak tersebar di beberapa tempat sehingga mudah untuk dijangkau.

Mengenal Perangkat Pembentuk ATM

Mesin ATM agar bisa menjalankan tugas dengan baik, terdiri dari beberapa perangkat yang tersusun didalamnya sebagai mesin pelaksana dari perintah yang Anda masukkan. Pada mesin ATM ini terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras sebagai penyusunnya. Masing-masing perangkat memiliki keterkaitan agar perintah atau tugas yang dimasukkan dapat diterima dan dijalankan dengan baik. Rincian dari perangkat ini adalah sebagai berikut:

1. Perangkat Keras ATM


CPU yang digunakan untuk melakukan kontrol antar muka dari pengguna dan juga perangkat ATM ketika transaksi berlangsung.
Pembaca magnetik dan chip kartu yang berfungsi untuk membaca chip kartu ATM Anda dan mengidentifikasi data nasabah yang ada didalam chip.
Papan ketik PIN yang Anda gunakan untuk mengetikkan nomor PIN kartu ATM Anda.
Pengamanan kriptoprocessor yaitu suatu alat pengamanan yang biasanya terletak di bagian dalam rangka mesin ATM.
Monitor sebagai alat untuk melihat transaksi yang akan dilakukan. Layar monitor ini ada yang terbuat dari layar sentuh dan juga tombol. Anda tinggal menekan transaksi mana yang akan Anda lakukan.
Tombol fungsi atau layar sentuh yang berguna untuk memilih beberapa jenis transaksi yang akan dilakukan.
Mesin pencetak rekam yaitu sebuah mesin yang bisa mencetak catatan transaksi yang telah Anda lakukan. Jenis transaksi yang bisa dicetak antara lain, cek saldo, transfer, mutasi rekening pada periode tertentu.
Ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan bagian-bagian dari mesin dimana harus mendapatkan ruang khusus karena akses yang terbatas.
Housing adalah perangkat yang disediakan untuk mempercantik estetika dan sebagai tempat melampirkan tanda tangan.

2. Perangkat Lunak ATM

Untuk saat ini, sebagaian besar mesin ATM telah menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Tipe yang digunakan adalah Windows XP Profesional atau Windows XP Embedded. Sistem operasi dan juga aplikasi yang tertanam dalam mesin ATM ini akan memiliki kemampuan untuk bisa bekerja lebih cerdas lagi. Dengan demikian, bisa tercipta generasi baru aplikasi ATM yang disebut aplikasi dwiprogram.

Dengan adanya aplikasi dwiprogram ini akan bisa membuat sebuah host yang baru teraplikasi pada mesin ATM, mampu untuk melakukan tugasnya lebih dari sekedar untuk berkomunikasi dengan switch ATM. Contoh dari tugas ini adalah melakukan hubungan dengan server konten lain dan juga terhubung pada sistim video perbankan. Aplikasi ini masih terus dikembangkan saat ini dan disempurnakan.

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM saat ini merupakan mesin yang paling banyak dibutuhkan oleh para nasabah bank. Adanya mesin ATM ini bisa membuat transaksi financial mudah dan praktis. Dengan mengetahui pengertian ATM dan kegunaannya dapat menambah wawasan tentang penggunaan mesin ATM dan perangkatnya. Apapun transaksi yang Anda lakukan selalu jaga keamanan kartu dengan tidak memberitahukan PIN kepada orang lain.

0 Response to "Mengenal ATM, Pengertian dan Kegunaannya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel